Kamis, 18 Maret 2010

Menguatkan dan melebarkan jari tangan kiri

Jari-jari tangan bagi semua gitaris merupakan nyawa untuk bernafas. Begitu juga dengan jari,jika tidak dilatih dengan maksimal jari akan mengalami hambatan gerakan. Dan hal ini banyak di alami oleh para gitaris,yang pemula maupun yang sudah mahir.

Kemampuan kekuatan jari,khususnya yang berfungsi unvk menelusuri fretboard gitar dan memencet senar dengan akurat selalu mengalami kendala sebagian besar gitaris. Memang tugas jari tangan kiri ( frethand ) terbilang berat. Karena harus menghasilkan bunyi not yang jelas dan tepat,juga dibutuhkan keluwesan otot jari kiri untuk bisa menjangkau jarak fret selebar mungkin.Rasanya tidak mungkin bila seorang gitaris begitu hebatnya memainkan solo permainan gitarnya tanpa latihan khusus pada jari-jarinya. Jadi jari tangan memang harus selalu dilatih agar tidak kaku.
Beberapa metode menyebutkan peranan posisi penempatan ibu jari sangat mempengaruhi pergerakan jari tangan kiri. Untuk lebih maksimal,ibu jari haruslah diletakkan tepat di belakang neck bagian tengah. Sebab,ibu jari disini berfungsi sebagai poros atau titik tumpu jari lainnya untuk menelusuri semua fret yang ada.
Ingat jangan lupa untukmelakukan variasi dengan berpindah senar atau buat metode latihan yang menurut kamu bagus dan baik untuk latihan jari kamu. Selamat berlatih..!!! Semangadh…

1 komentar:

  1. sye bru nk bljar gitar la..
    tpi sye guna tngan kiri..tngan kanan ta reti..mcm mane ye
    tlong tunjuk ajar..

    BalasHapus