Kamis, 18 Maret 2010

Arpeggio andalan Yngwie Malmsteeen

Selain teknik” SWEEP PICKING” Yngwie Malmsteen masih mempunyai segudang teknik yang mendukung permainan gitarnya. Arpeggiolah yang selalu dilatihnya secara intensif karena setiap gitaris handal pasti mempunyai jurus pamungkas yang menjadikan sebagai ciri khas. Pengertian Arpeggio adalah suatu rangkaian not yang terbentuk pada kord yang telah dipecah-pecah. Perbedaan Arpeggio dengan kord terletak pada kejelasan notnya secara satu persatu.
Jadi untuk memainkan suatu not Arpeggio haruslah jelas dan satu persatu,tidak seperti kord yg dipetik secara bersamaan ( strumming ) di genjreng.
Hal ini yang menurut Yngwie menjadi daya tarik sendiri,karena karakter bunyi arpeggio sangat menarik. Tak heran jika Yngwie selalu memainkan dan memasukkan teknik arpeggio disetiap permainan gitarnya. Arpeggio telah menjadi santapan sehari-hari dan menjadi ciri khas dari gaya permainan maupun dalam penulisan lagu.
Banyak gitaris beranggapan bahwa permainan Arpeggio selalu identik dengan teknik sweep picking. Permainan teknik sweep pibking dengan perpaduan teknik arpeggio akan menjadi jurus yang bisa diandalkan. Yngwie menganjurkan,sebelum melakukan sweep picking nada-nada arpeggio, pastikan dulu petikan pada setiap senar harus bener-bener rapih,akurat. Jika tidak,permainan arpeggio yang lamu mainkan akan terdengar tidak jelas dan patah-patah.
Jadi,hal yang penting yang harus dikakukan saat memainkan arpeggio adalah dengan cara memaikan satu persatu setiap notnya. Agar menghasilkan nada arpeggio yang sempurna,setelah memetik nada,jangan biarkan not sebelumnya masih terdengar sustainnya dan bercampur dengan nada-nada berikutnya. Latihlan dengan memecahkan bentuk kord-kord yang telah kamu tahu pecahan nadanya lebih dulu,mulailah secara perlahan. Setelah hafal dengan nada dan not yang akan dimainkan,cobalah dengan tempo yang agak sedikit cepat,lebih cepat,lebih dan lebih sampai seolah jari kamu bergerak secara refleks.

1 komentar:

  1. Apakah facebook anda hanya untuk menjalin persahabatan..? Mulai saat ini jadikan penghasil uang
    klik atau copy paste

    http://tinyurl.com95tbzuv

    Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%
    sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

    BalasHapus